Featured Image (Photo by pinterest/@creativemarket)

Hari raya idul fitri 2024 akan segera tiba dan sudah diperbolehkan pemerintah untuk mudik ke kampung halaman. Banyak orang mulai mempersiapkan perjalanan mudik dengan mencari tiket kereta dan pesawat demi pulang ke kampung halaman. Ada juga mudik bersama-sama keluarga melakukan perjalanan darat menggunakan mobil.

Tradisi mudik sudah ada sejak lama bahkan mungkin hampir kita semua merasakan tradisi mudik lebaran dari tahun ke tahun. Tapi, seberapa banyak sih dari kalian yang tahu sejarah dan asal muasal dari tradisi mudik?

Kata “Mudik” merupakan singkatan dari kata Bahasa Jawa. kata ini adalah “mulih dilik” yang berarti pulang kampung sebentar. Karena banyak orang dari kota besar dari Jakarta pulang sebentar saat hari raya lebaran untuk berkumpul dengan keluarga.

Tentu saja momen mudik lebaran tak boleh dilewatkan begitu saja, lakukan kegiatan seru bersama keluarga. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga saat mudik di kampung halaman.

Kegiatan Wajib saat Tradisi Mudik Lebaran di Indonesia

1. Membagi-Bagi THR

THR untuk dibagi ke sepupu dan ponakan (Photo by pexels/robertlens)

Lebaran identik dengan berbagi THR dan tak akan terlewatkan terutama saat silaturahmi bersama keluarga. Momen berbagi THR biasanya paling ditunggu oleh anal-anak yang belum bekerja. Berbagi THR juga bisa dimaknai dengan sebagai rasa syukur dan berbagi rejeki kepada keluarga.

2. Foto Bersama Keluarga

Mengabadikan foto bersama keluarga (Photo by pinterest/@creativemarket)

Foto bersama keluarga bisa dijadikan ide yang seru saat berkumpul. Apalagi bila bertemu saudara atau keluarga yang jarang berjumpa. Mengabadikan momen dengan berfoto bersama bisa menjadi kenangan sepanjang waktu. Bahkan Anda bisa membuat kolase foto lebaran dari tahun ke tahun, bisa menjadi kenangan yang menarik.

3. Silaturahmi Keliling (Open House)

Bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat (Photo by pinterest/@shutterstock)

Lebaran juga identik dengan tradisi silaturahmi keliling antar saudara atau kerabat. Tradisi mudik lebaran ini membuat banyak orang melakukan silaturahmi dengan mengunjungi rumah saudara dan kerabat dekat untuk meminta maaf. Silaturahmi juga memiliki makna untuk saling menjaga hubungan lebih erat dengan keluarga atau kerabat.

4. Quality Time Dengan Keluarga Besar

Menikmati waktu bersama keluarga (Photo by pinterest/@womansday)

Saat pulang ke kampung halaman, jangan lupa juga untuk quality time bersama keluarga besar. Tentu quality time bisa melepas rindu karena jarang bertemu. Banyak hal yang bisa dilakukan bersama seperti bermain board game, jalan-jalan ataupun sekedar kumpul bersama di rumah. Quality time sebenarnya juga membangun momen kebersamaan antar anggota keluarga.

Baca Juga :

Rekomendasi Menu Buka Puasa. Pasti Bikin Ngiler!

10 Aplikasi Travel yang Berguna untuk Traveller

5. Membeli Oleh-Oleh

Oleh-oleh khas dari kampung halaman (Photo by instagram/@halalfoodiessby)

Kembali ke tempat rantau tak lengkap dengan membeli oleh-oleh khas daerah seperti bakpia dari Jogja. Membeli oleh-oleh untuk teman kantor atau tetangga sebagai buah tangan. Aneka makanan khas kampung halaman bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

6. Mengunjungi Tempat Wisata Setempat

Suasana sore di Pantai Parangtritis (Photo by @dionovaldo_03)

Mudik juga bisa jadi ajang berwisata ke tempat-tempat wisata yang ada di kampung halaman. Mulai dari agrowisata, wisata alam, hingga wisata sejarah, bisa jadi ide menarik yang bisa kamu lakukan bareng keluarga besar saat Lebaran. Tak hanya mengunjungi tempat wisata, mencoba berbagai jenis kuliner khas yang ada kampung halamanmu juga bisa jadi agenda tambahan yang wajib dilakukan.

7. Mengunjungi Teman Lama

Silaturahmi teman-teman yang sudah lama tidak jumpa (Photo by pinterest/@womansday)

Hari raya selalu identik dengan silaturahmi dan reuni bersama teman yang sudah lama tak ditemui. Karena saat hari raya lebaran banyak yang pulang maka Anda bisa mengagendakan untuk reuni bersama teman sekolah. Tentu tradisi akan selalu menyenangkan saat bertemu teman lama sambil bernostalgia masa sekolah.

8. Memasak Bersama

Mempersiapkan menu lebaran dengan memasak bersama  (Photo by pinterest/@womansday)

Tradisi mudik lebaran selanjutnya adalah memasak bersama. Mempersiapkan menu lebaran seperti ketupat opor, gulai, atau minuman segar untuk disantap bersama setelah sholat ied. Masakan akan terasa lebih sedap dan nikmat saat membuatnya bersama dengan keluarga.

Baca Juga :

6 Momen Dimana Kamu Butuh Sewa Mobil

5 Keuntungan Sewa Mobil Lepas Kunci Pakai Zoomcar!

9. Berkebun

Merapikan tanaman di rumah agar terlihat rapi dan indah (Photo by pinterest/@ralphsgrocery)

Berkebun adalah aktivitas luar yang cukup menyenangkan dan patut dicoba saat pulang kampung. Cobalah memilih jenis tanaman yang awet dan minta orang rumah untuk bantu merawatnya lalu lihat kembali kondisi saat mudik tahun depan. Selain itu juga akan memperindah rumah saat tanaman rapi dan segar.

Demikian kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga saat mudik lebaran. Jadi apa saja tradisi di keluargamu?

Selain itu, jangan lupa mempersiapkan perjalanan mudik. Menggunakan mobil tentu akan lebih nyaman karena selain lebih ekonomis tentu lebih praktis saat membawa banyak barang. Anda juga bisa menyewa mobil bila belum memiliki. Berikut tips sewa mobil untuk mudik lebaran.

Tips Sewa Mobil Ketika Mudik Lebaran

1. Survey Harga

Pertama Anda perlu melakukan survey harga mobil. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui harga rata-rata rental mobil. Kemudian carilah mobil sesuai dengan budget Anda Selain itu Anda juga jangan mudah tergoda dengan harga sewa mobil yang sangat murah. Bisa saja harga sewa ini sebenarnya jebakan dan Anda mendapat mobil yang kurang prima untuk perjalanan. Anda juga bisa melakukan riset harga berbagai jenis mobil di aplikasi Zoomcar.

2. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Pilih jenis mobil sesuai kebutuhan. Bila Anda akan mudik bersama keluarga bisa memilih menggunakan MPV atau mobil yang memiliki kapasitas penumpang banyak. Kapasitas mobil yang besar pastinya dapat membuat Anda dan keluarga akan merasa nyaman selama perjalanan karena tidak perlu berdesakan duduk di dalam mobil ini.

3. Memastikan Kondisi Mobil

Setiap orang yang menyewa mobil harus memastikan kondisi mobilnya benar-benar dalam kondisi baik serta aman dibawa berkendara untuk mudik. Tanyakan dengan detail kepada jasa sewa mobil mengenai performa mobil yang ingin disewa secara untuk mendapat mobil sewa terbaik. Unit mobil yang tersedia di Zoomcar sudah melakukan proses verifikasi yang ketat, sehingga terjamin memiliki kondisi mobil yang prima.

Baca Juga :

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Hits

Kelebihan Sewa Mobil Matic. Hal Ini Wajib Anda Ketahui!

4. Cek Asuransi

Kemudian untuk perlindungan lebih selama perjalanan mudik tentu mempunyai asuransi perjalanan. Pastikan saat sewa mobil lebaran 2024, Anda mempunyai asuransi dari rental mobil agar lebih tenang saat mudik. Di Zoomcar setiap Anda sewa mobil akan mendapat asuransi.

5. Pesan Jauh Hari

Jika ingin menyewa mobil untuk mudik, usahakan sewa jauh-jauh hari, maksimal dua minggu sebelum berangkat mudik lebaran. Menjelang dekat hari lebaran, biasanya permintaan sewa mobil cukup banyak yang bisa membuat harga sewanya semakin naik. Meski demikian, unit mobil yang disewakan juga bisa cepat habis karena memang cukup banyak peminatnya.

Aplikasi Zoomcar memudahkan Anda saat ingin rental mobil murah dengan mudah dan cepat. Sewa mobil jadi lebih fleksibel dengan Zoomcar! Saat ini Zoomcar memiliki promo untuk Anda yang akan mudik lebaran.

Gunakan promo PULKAM25 akan mendapat potongan 25% untuk sewa mobil minimal 24 jam sampai 5 hari hingga tanggal 31 Maret dan PULKAM20 untuk diskon 20% setelah tanggal 31 Maret hingga 15 April.

Semakin lama Anda sewa mobil maka akan semakin murah harga yang akan Anda dapatkan. Yuk segera sewa mobil di Zoomcar karena juga memiliki CS 24 jam yang menemani perjalanan Anda. Jangan lupa untuk install aplikasi Zoomcar di PlayStore atau AppStore.

Artikel Kamu Harus Baca

Other Cities

�2024 Zoomcar Terms Privacy Cookie preferences