Cara Mengatasi Mobil Mogok – Ketika mesin mobil berhenti di tengah jalan ini tentu sangat menyebalkan, terlebih jika Anda sedang terburu-buru atau berada di jalanan ramai. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mobil mogok dari Zoomcar!

Pada dasarnya ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan mobil kita secara tiba-tiba mogok dan sering kali kita terlalu panik sehingga tidak tahu penyebabnya.

Agar pengalaman buruk ini tidak terjadi kembali, Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang paling sering menyebabkan mobil mogok pada penjelasan berikut ini:

5 Penyebab Mobil Mogok di Jalan

Jika kita sadari, penyebab mobil mogok di jalan ini adalah akibat dari kurangnya pengecekan atau service rutin yang dilakukan di bengkel. Banyak orang yang biasanya tak pernah memeriksa kondisi mesin mobil mereka saat akan bepergian. Ini dia 5 penyebab utama mobil mogok di jalan beserta cara mengatasinya!

– Aki Mobil Bermasalah

Kapan terakhir kali Anda mengecek kondisi aki mobil Anda? Ternyata, aki bisa menyebabkan mobil secara tiba-tiba mogok. Salah satu penanda bahwa aki mobil rusak adalah Anda akan kesulitan dalam menyalakan starter mobil. Cara mengatasi mobil mogok karena aki adalah melakukan cas atau jika sudah parah, Anda harus menggantinya dengan aki baru.

Kap mesin mobil (Photo by Standert)

Jika aki mobil tersebut masih baru, Anda bisa mengecek voltmeternya dan perhatikan angka yang terlihat. Indikator sebuah aki dalam kondisi baik adalah saat voltasenya berada di antara 12,4 dan 12,7 volt. Apabila hasil pengukuran Anda muncul angka yang lebih rendah dari 12,4 volt, hal ini menandakan aki Anda perlu dicas sesegera mungkin.

– FIlter Bensin Tersumbat

Bahan bakar adalah faktor yang tak kalah penting dalam sebuah kendaraan. Ketika bensin dalam kendaraan tersumbat, hal ini akan menyebabkan mobil mogok mendadak. Perlu diketahui jika semua jenis bahan bakar yang digunakan bisa berpotensi membuat filter bensin tersumbat apabila tidak dicek berkala.

Pengisian bensin (Photo by andreas160578)

Lalu, bagaimana cara mengatasi mobil mogok akibat filter bensin yang tersumbat? Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Lokasi filter bensin di mobil berada dekat dengan blok mesin mobil. Filter bensin tersumbat ini juga mampu menyebabkan kerusakan mesin lainnya jika tidak segera diperbaiki.

– Overheat

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, pasti sudah familiar dengan kemacetan lalu lintas yang ada di kota ini. Seringkali terjadi kemacetan selama berjam-jam dan membuat mobil kita menjadi overheat. Kenaikan suhu udara ini akan bisa dengan mudah membuat mobil menjadi mogok, karena air radiator mobil sudah habis.

Kemacetan lalu lintas (Photo by islandworks)

Cara mengatasi mobil mogok karena overheat yang paling mudah adalah dengan menunggu mesin mobil hingga dingin terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa mengisi air radiatornya atau langsung membawa mobil tersebut ke bengkel. Pastikan sebelum Anda berangkat selalu mengecek air radiator yang ada di kap mobil.

– Karburator Bermasalah

Karburator juga menjadi penyebab mengapa mobil Anda mogok secara mendadak. Ketika karburator mesin bermasalah, hal ini adalah dampak dari faktor usia mobil atau jarang dilakukan pembersihan.

Kap mesin mobil (Photo by aopsan)

Saat karburator kita sedang bermasalah, nantinya akan menyebabkan pada proses pembakaran tidak akan berjalan baik, sehingga starter mobil akan susah dihidupkan. Satu-satunya cara mengatasi mobil mogok karena karburator bermasalah adalah dengan mengganti karburator tersebut. Pastikan untuk membawanya ke bengkel kepercayaan Anda agar mesin bisa kembali normal.

– Oli Gearbox Habis

Gearbox adalah komponen yang berfungsi sebagai transmisi daya agar mesin bisa bergerak. Jika Anda pengendara mobil matic, Gearbox bukanlah hal yang asing di telinga. komponen ini sangatlah vital karena berpengaruh besar pada mengatur laju kendaraan.

Oli mobil (Photo by IamTimEre)

Jika oli Gearbox habis, maka Anda akan merasakan suara mesin yang bising dan juga membuat mobil bergetar ketika dijalankan. Cara mengatasi mobil mogok akibat hal ini adalah dengan mengisi ulang cairan oli pada Gearbox secepat mungkin. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, hal ini pasti akan berdampak pada kinerja mesin mobil lainnya.

Jangan Cemas Dengan Road Assistance Zoomcar!

Tak perlu khawatir lagi dengan permasalahan mogok jika Anda sewa mobil di Zoomcar! Fitur Road Assistance di Zoomcar akan membantu kita untuk mengatasi permasalahan mobil Anda di berbagai situasi. Road Assistance di Zoomcar akan menjamin untuk menangani masalah kendaraan Anda tanpa kerumitan. Sekarang, sewa mobil jadi lebih mudah dan aman dengan Zoomcar! Daftar akun Anda sekarang dan rasakan langsung berkendara tanpa batas bersama Zoomcar!

Baca Juga:

Other Cities

�2024 Zoomcar Terms Privacy Cookie preferences